Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Get Friends

Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Rabu, 26 November 2008

Koneksi Internet

Broadband, Unlimited dan Hemat


Akses broadband murah dan cepat jadi dambaan semua pengguna internet. Keinginan tersebut kini sudah hampir jadi kenyataan. Dengan dana tak sampai 150 ribu rupiah per bulan, anda sudah bisa menikmati akses internet cepat sepuasnya di rumah.


Adu murah di kancah penyedia akses internet diawali oleh First Media (penyedia akses internet via kabel) dengan tarif 99 ribu (+ tax 10%) rupiah per bulan. First Media menawarkan bandwidth yang cukup lega: 384 kbps. Sayang, layanan ini terbatas hanya untuk pelanggan di Jabodetabek. Itupun di wilayah tertentu saja.
Gebrakan yang luar biasa kemudian dilakukan oleh Telkomsel. Sekaligus memperingati ulang tahunnya yang ke-13, operator nomor satu di Indonesia ini meluncurkan layanan Telkomsel Flash Unlimited. Inilah layanan pertama yang menyediakan unlimited wireless internet berkecepatan 3G. Bermodalkan 125 ribu rupiah per bulan, anda sudah bisa mengakses internet via jaringan 3G/HSDPA/EDGE/GPRS di manapun dan kapanpun, tanpa batas, dengan kecepatan hingga 256 kbps. Dengan jaringan Telkomsel yang luas, praktis anda bisa menikmati akses internet di kota manapun di seluruh Indonesia.

Indosat Turun Gunung

Tiga bulan setelah peluncuran Telkomsel Flash Unlimited, Indosat 3,5G ikut turun gunung. Layanan serupa digelar dengan biaya lebih murah lagi. Hanya dengan 100 ribu rupiah perbulan, anda bisa menikmati akses internet broadband hingga 256 kbps. Sayangnya, coverage Indosat belum seluas Telkomsel.
Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan, kuota 256 kbps di Indosat hanya berlaku untuk 2GB pertama setiap bulannya. Setelah itu, kecepatan akan diturunkan menjadi 64 kbps. Di Telkomsel Flash pun sebenarnya sama saja - secara teoritis anda bisa menikmati kecepatan penuh di 3 GB awal setiap bulannya. Tapi, setidaknya, jatah yang dapat anda gunakan untuk ngebut lebih banyak 50 persen ketimbang Indosat 3,5G.

Lokasi

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa tidak ada layanan yang sempurna. First Media yang paling murah dan paling cepat, coveragenya sangat terbatas. Customer servicenya juga terkenal buruk. Telkomsel Flash, coveragenya luas namun paling mahal mahal dibandingkan First Media ataupun Indosat 3,5G. Sementara Indosat sendiri, memiliki keterbatasan coverage 3,5G dengan kuota untuk kecepatan penuh yang lebih rendah dibandingkan Telkomsel.
Kesimpulannya, pilihan layanan koneksi internet mana yang pas untuk anda, tergantung pada lokasi tempat tinggal dan pola hidup anda. Jika anda kebetulan berada di Jabotabek yang cukup beruntung berada dalam cakupan layanan First Media, gunakanlah layanan tersebut. Tapi, jika anda doyan menjelajah hingga ke tempat-tempat "terpencil" atau hingga di area yang sinyal Indosat 3,5G-nya tidak layak pakai atau bahkan tidak ada, pilihlah Telkomsel. Sementara jika anda hanya mobile di kota besar saja, Indosat bisa jadi pilihan.
(Steven Andy Pascal - Dikutip dari tabloid PC Plus 11-24 November 2008 oleh Hardi)


Berikut hasil uji kecepatan Fast Net - First Media di Jakarta pada tanggal 27 November 2008 , pukul 16:29.

Test kecepatan ke server Jakarta.










Test kecepatan ke server Washington, DC.









Tidak ada komentar: