Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Get Friends

Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Senin, 24 November 2008

Memperpanjang Umur Aki

Umumnya, aki basah yang kita pakai di mobil atau motor bertahan selama 1,5 – 2,5 tahun, tergantung kondisi motor/mobil yang menggunakannya. Seiring dengan masa pakai aki basah pada kendaraan, lembar sel aki akan terlapis oleh kerak sulfat. Semakin tebal kerak, semakin berkurang kinerja aki. Bahkan bisa benar-benar mati (soak istilah awam) dan tidak bisa diisi (recharge) lagi. Kalau sudah begitu, ya, solusinya aki diganti dengan yang baru.
Ada langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai aki basah pada mobil atau motor kita, seperti dijelaskan di http://www.saft7.com/ – Automotive Tips & Sharing.
Bahan dan alat yang dibutuhkan :
· Bubuk ethylenediamine tetraacetic (EDTA) yang di toko kimia dikenal dengan bubuk EDTA teknis
· Air aquades (bukan air accu zuur)
· Sendok teh
· Gelas atau botol
· Battery hydrometer (untuk mengukur kualitas air aki – bisa diperoleh di toko onderdil mobil dengan harga berkisar Rp. 25.000,-)
· Lap (untuk bersih-bersih)

Langkah-langkahnya :
1. Tuang 1 liter air aquades ke dalam gelas atau botol
2. Untuk perawatan aki, masukkan 2 - 3 sendok the bubuk EDTA; untuk aki yang sudah soak, masukkan 4 - 6 sendok teh bubuk EDTA
3. Aduk dengan gelas atau kocok botolnya
4. Setiap lubang/sel kita lihat kondisinya dengan battery hydrometer. Sel yang terlihat lebih dekat ke “merah” memerlukan “campuran EDTA dan aquades” banyak ketimbang sel yang sehat (hijau)
5. Untuk aki yang soak harus diisi ulang, sedangkan untuk perawatan bisa langsung dipakai seperti biasanya.
Untuk perawatan bisa dituangkan campuran tadi setiap bulannya agar kerak sulfat bisa dirontokkan. Namun, tidak semua aki basah yang soak bisa “dihidupkan” kembali karena beberapa sebab, semisal arus pendek di dalam sel atau sel sudah rusak parah. Dalam situs di atas, disebutkan jika rutin menggunakan bubuk EDTA setiap bulannya, dapat memperpanjang masa pakai aki hingga 4 - 5 tahun. Solusi irit di zaman kejepit ! (Yds – dikutip dari Intisari Juli 2008).

Tidak ada komentar: