Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Get Friends

Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Minggu, 30 November 2008

Tips Sehat Hadapi Pekerjaan Menumpuk

Pekerjaan yang menumpuk atau dibatasi tenggat waktu bisa membuat anda stres, bahkan depresi. Butuh fisik yang kuat untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Walaupun begitu jangan abaikan kesehatan anda demi mengejar deadline. Salah-salah bukan pekerjaan anda yang selesai, tetapi anda malah terserang penyakit karena kelelahan. Malah anda bisa terkena repetitive strain injuri (RSI), yaitu keluhan kerangka otot karena pekerjaan yang dilakukan terus-menerus, seperti menekan mouse atau mengetik dengan keyboard dalam jangka waktu lama.
Untuk menghindari hal tersebut, lakukan olahraga ringan sekitar 15-30 menit setiap hari. Anda bisa melakukannya di dalam atau di luar ruangan kerja.
Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Lakukan peregangan otot, misalnya dengan menggerakkan kepala ke kiri-kanan, atas-bawah, dan miring ke kanan-kiri. Lakukan ini hingga hitungan ke empat bergantian, agar otot-otot leher yang kaku kembali meregang.
2. Untuk tangan, lakukan peregangan dengan meluruskan lengan anda ke atas, depan dan belakang sambil telapak tangan dan jari-jari tangan anda digerak-gerakkan.
3. Peregangan untuk kaki, anda bisa meluruskan lutut agar kedua otot paha menjadi memanjang. Atau anda bisa melakukannya sambil berdiri, angkat satu kaki, hitung hingga hitungan ke delapan. Lakukan hal yang sama untuk kaki yang satunya.
4. Gunakan saat istirahat makan siang untuk olahraga ringan, misalnya jika jarak tempat makan dari kantor tidak terlalu jauh jangan gunakan mobil atau motor. Berjalanlah untuk mencapai tempat makan, saat-saat seperti ini berguna untuk refreshing dan menghindari stres.
5. Jangan gunakan eskalator atau lift jika anda ingin naik atau turun menuju satu tempat di kantor. Jika ruangan kantor anda ada di lantai 10, turunlah di lantai 5 dan sisanya dapat anda lakukan dengan berjalan melewati tangga.
6. Hal yang harus anda perhatikan saat bekerja adalah posisi tubuh, seperti posisi kaki yang harus didatarkan ke lantai. Ketika anda mengetik sebaiknya pergelangan tangan tidak ditekuk ke atas, tetapi sejajarkan dengan keyboard dan jangan membungkuk ketika mengetik atau membaca teks di monitor.
( Hardi 1112008 – Dikutip dari Media Indonesia, Jumat 21-11-2008 )

Tidak ada komentar: