Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Get Friends

Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Selasa, 26 Mei 2009

Menangani Luka Bakar

Bersentuhan dengan panas memang tidak mengenakkan. Selain sakitnya menyengat, sering meninggalkan bekas luka. Namun, pekerjaan yang berhubungan dengan panas, seperti memasak dan menyeterika pakaian sering tidak bisa dihindarkan.
Bila anda termasuk sering melakukan aktivitas memasak, menyeterika, atau yang berhubungan dengan panas, dan suatu waktu tersiram atau tersentuh panas dan menimbulkan luka bakar, kiranya perlu anda lakukan sendiri beberapa tips sebagai upaya pertama. Jauhi segera sumber panas penyebab luka dari bagian tubuh anda. Kemudian, siramlah luka bakar itu dengan air dingin lebih kurang 15 menit. Perlu diperhatikan jangan mengutak-atik kulit yang melepuh. Jika anda lakukan, hal itu hanya akan membuat luka lebih parah. Lindungilah luka (tutupi) dan bubuhi dengan salep khusus luka bakar dan jangan sekali-kali membubuhi luka dengan mentega, pasta gigi, minyak, kulit mangga, dan sebagainya, seperti yang dikatakan banyak orang, karena mungkin saja hal itu justru menyebabkan infeksi.
Jika luka bakar sangat parah, segeralah periksakan ke dokter. Dengan tips tersebut, paling tidak anda sudah melakukan pertolongan pertama bagi diri anda.

( Hardi 2752009 – Dikutip dari Media Indonesia, Selasa, 7 Oktober 2008 ).

Tidak ada komentar: