Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Get Friends

Dollar Gratis !!!

Link2Communion.com

Sabtu, 14 Maret 2009

Memotivasi Karyawan Sesuai Prosedur Perusahaan

Kadang atasan kita tidak memperhatikan ketika karyawan merasa bosan dengan rutinitas pekerjaan yang statis. Hal itu akan berpengaruh pada kinerja dan hasil yang akan dicapai perusahaan. Beberapa pemilik perusahaan atau pimpinan perusahaan menganggap masalah kebosanan karyawan bukan merupakan hal yang perlu ditindaklanjuti, namun disadari atau tidak kebosanan yang dialami karyawan merupakan masalah yang serius.
Untuk mengatasi hal itu, anda sebagai pemimpin dari sejumlah karyawan harus bisa membaca dan mempelajari situasi yang dialami bawahan anda. Anda punya dua pilihan, mengembalikan semangat dan motivasi mereka, atau memecat mereka.
Apapun pilihan yang akan anda gunakan, lakukanlah sesuai dengan prosedur perusahaan. Prosesnya bisa dimulai dengan memeriksa kembali job description yang tertera dan telah disepakati. Bisa jadi, selama ini ia tidak paham akan job description yang selama ini ada.
Selain memberikan pemahaman kepada karyawan, anda juga bisa mengadakan pelatihan-pelatihan kepada seluruh karyawan yang sesuai dengan bidang mereka untuk menambah pengetahuan dan keahlian di bidang kerja masing-masing. Buat pelatihan yang tidak membosankan dan jadikan momen akhir pekan, seperti Jumat-Minggu untuk pelatihan tersebut.
Adakan job rotation untuk karyawan yang ada di satu departemen. Misalnya di departemen keuangan, karyawan di bagian pembayaran dirotasi ke bagian pemasukan, dan sebaliknya. Dengan proses rotasi itu bisa memotivasi karyawan, mereka bisa belajar tentang tugas barunya karena tugas dan tanggung jawabnya berbeda. Selain itu rotasi akan memberikan suasana baru pada bidang kerjanya.
Jika perlu, adakan reward berkala (enam bulan atau setahun sekali) untuk karyawan berprestasi. Buat beberapa kategori, seperti karyawan teladan, karyawan dengan good performance, terbaik di depan klien, atau karyawan dengan kinerja terbaik. Bisa jadi kategori-kategori yang anda buat dapat memotivasi bawahan anda untuk bekerja lebih baik. Jangan lupa siapkan reward terbaik dari anda sebagai atasan.

( Hardi 1532009 – Dikutip dari Media Indonesia, Rabu 22 Oktober 2008 ).

Tidak ada komentar: